Sabtu, 23 Maret 2013

Sejarah Perkembangan Internet


Di era globalisasi seperti saat ini bila tidak ada internet seolah-olah hidup ini terasa hampa. Sehari saja tidak online rasanya dunia ini seperti kiamat saja, mungkin itulah yang dirasakan oleh para pecinta internet. Bagaimana tidak, dengan internet kita bisa melakukan berbagai hal seperti browsing, chatting, bahkan main game secara online pun bisa.

Namun demikian, sifat internet yang bebas dan luas menuntut kita untuk selalu berhati-hati agar terhindar dari dampak negatif internet itu sendiri. Terlepas dari semua itu, kita sebagai orang yang menggunakan internet untuk kehidupan sehari-hari harus mengetahui bahwa ternyata internet itu memiliki sejarah yang sangat panjang berikut ulasan selengkapnya.

Pada tahun 1950-an telah dikembangkan komputer elektronik yang memiliki link dengan komputer lain yang tempatnya berjauhan, inilah yang menjadi awal mula lahirnya internet. Tahap awal terciptanya internet adalah ketika telah dikembangkan koneksi dari point-to-point antar jaringan, namun saat itu yang hanya bisa menghubungkan 2 komputer saja. Hingga pada akhir 1960-an munculah packet switching, perangkat ini dapat menghubungkan jaringan bersama untuk beberapa komputer sekaligus.

Sejarah perkembangan internet tak lepas dari peran seorang pria bernama Robert Taylor mencoba mengembangkan ARPAnet dan pada 29 Oktober ia berhasil membuat link yang saling menghubungkan pusat penelitian di Stamford, Amerika Serikat dengan University of California, Los Angeles. Kedua tempat tersebut berjarak kurang lebih 300 mil, tentunya sebuah prestasi yang cukup membanggakan pada ssat itu.

2 bulan kemudian atau tepatnya pada 2 Desember, 2 node telah ditambahkan yaitu University of Utah dan University of California, Santa Barbra. Pada tahun 1981 itu telah terdapat total 213 host, hal ini adalah pertumbuhan yang besar meskipun saat itu biayanya masih cukup mahal. Tak mau kalah, NASA menciptakan jaringan yang lebih baik, mereka mengembangkan TCP / IP yang menghubungkan ilmuwan di seluruh dunia hingga totalnya mencapai 20.000.

Seiring berjalannya sejarah perkembangan internet  jaringan NASA terus tumbuh dan organisasi lainnya mulai menggunakannya. CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) dengan bantuan Tim Berners-Lee mereka membantu menggabungkan jaringan ini dan pada tahun 1989 lahirlah internet. Tim Berners-Lee secara universal diakui sebagai penemu internet yang kita gunakan saat ini.

Situs web pertama dibangun oleh CERN di Perancis pada tahun 1991. Website ini memegang informasi tentang proyek menciptakan World Wide Web dan alamat website ini adalah http://info.cern.ch/ dan website ini masih digunakan sampai sekarang. Situs ini juga diadakan informasi tentang cara menggunakan browser web dan informasi lain yang diperlukan sehingga internet dapat digunakan.

Sejak saat itu internet telah berkembang dan sekarang Anda dapat berbagi apa saja melalui internet dan Anda dapat terhubung ke siapa saja di seluruh dunia. Tercatat pada bulan Desember 2011 ada lebih dari 2,3 Miliar pengguna di internet yang merupakan pertumbuhan yang besar

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar