CURRICULUM VITAE
Full Name : Julio Caesar
Place/Date of Birth :
Bekasi, 02 Juli 1994
Address : Perum
Bumi Anggrek Blok J No.128
RT. 01 RW. 07
Bekasi Timur
Telephone : 021 - 88358979
Fax : -
Handphone : 087883526344
E-mail :
julio.caesar87@yahoo.com
Formal Education
School
|
Year
|
Program
|
Universitas Gunadarma
|
2012 - 2016
|
Information System
|
SMA Ananda Bekasi
|
2009 - 2012
|
Grade 10 – Grade 12
|
Working Experience
Place
|
Year
|
Position
|
Pullman Hotel Central
Park Jakarta
|
10 December 2013
|
Daily Worker Food
Production
|
Jakarta Convention
Center
|
03 January 2014
|
Sales And Marketing
|
Moovina Dolce and
Mezzanine Plaza Indonesia
|
08 August 2014
|
Sales And Marketing
|
Achievement of Competition
Type of Competition
|
Year
|
Achievement
|
Football Tournament
|
21 October 2014
|
1st Winner Basket Tournament Bekasi
|
Hobbies : Football and Listening Music
Languages : Indonesian And English
Department of Interest for Industry Work Placement:
1. F&B Bar
2. F&B Service
Bekasi, ______________, 2015
[Julio Caesar]
(Student)
TIPS MEMBUAT CV YANG BENAR
• Selalu tulis nama lengkap, alamat lengkap, nomor telpon
yang mudah untuk dihubungi, dan email.
• Foto: pas foto. Menggunakan jas dan dasi kalau perlu
• Email: harus menggunakan nama lengkap. Kalau nama/nama
lengkap anda ternyata sudah ngga available boleh pake tahun lahir atau tanggal
lahir, contoh: julio1994@gmail.com.
• Untuk fresh graduate, tulis mata kuliah yang related dengan
posisi atau industri yang ingin anda apply. Misal anda apply ke banking di
bagian akunting, maka tulis nama mata kuliah yang pernah anda ambil di kampus:
(misal) Akuntansi Dasar.
• Kalau anda sudah pernah kerja, tulis: Accomplishments! Ini
lebih penting daripada Job Descriptions!
Untuk fresh graduate,
cukup 1 lembar CV. Maksimum 2 lembar.
Untuk yang sudah
berpengalaman 5 tahun - 10 tahun, buat maksimum 2 lembar.
Untuk yang sudah punya
pengalaman 10 tahun ke atas, buat maksimum 3 lembar.
Ingat, CV yang baik tidak
menjamin Anda akan dapat kerja. Ini salah kaprah terbesar diantara mereka yang
sedang mencari kerja. Ini step-step proses yang benar:
1. Cover Letter yang baik
(men-summarize CV) akan membuat HR mau membaca CV terlampir
2. CV yang baik akan
membuat HR ingin menggali lebih lanjut si pemilik CV, alias akan terjadi
pemanggilan interview
3. Interview yang baik
baru akan membuat si applicants mendapat tawaran kerja.
HAL-HAL YANG TERJADI DALAM WAWANCARA KERJA
Dalam proses wawancara
kerja, penilaian tidak hanya dilihat dari apa yang Anda katakan. Sikap tubuh
juga menjadi hal penting yang dinilai oleh perusahaan dan tidak bisa diabaikan
oleh para pencari kerja.
·
Jabat tangan
Berjabat
tangan menjadi poin penting dalam sebuah wawancara kerja. Sikap tersebut
menjadi kunci yang memberikan penilaian positif pertama dari pewawancara. Dalam
berjabat tangan, artinya Anda siap melakukan perbincangan lebih lanjut secara
serius dengan lawan bicara.
·
Ruang pribadi
Perlu
diketahui, kita memiliki empat ruang pribadi, yaitu publik, sosial, pribadi,
dan intim. Selama wawancara kerja, Anda harus peka tentang batas-batas zona
ini. Dalam komunikasi antara dua orang biasanya menjurus ke zona pribadi dan
intim. Dalam wawancara kerja tentunya tidak mungkin memasuki zona intim. Tetapi
bila ingin mendapat pekerjaan Anda perlu untuk sedikit masuk ke zona pribadi
pewawancara.
·
Mendekatkan jarak
Biasanya,
tempat meja pewawancara dengan yang diwawancara terdapat jarak yang cukup lebar.
Untuk membuat wawancara menjadi lebih hangat dan berkesan, cobalah mengatur
posisi mendekat. Salah satunya dengan menarik maju kursi yang akan diduduki.
·
Bersikap terbuka dalam berbicara
Ketika
Anda sudah duduk, cobalah cara lain untuk mengurangi jarak. Sebagai contoh,
mencondongkan tubuh ke depan. Cobalah untuk melakukannya diam-diam. Ini perlu
dilakukan ketika wawancara sedang berlangsung. Sebab, ketika kita bisa lebih
dekat dengan orang lain, menunjukkan peningkatan kredibilitas dalam diri kita.
·
Bahasa tubuh
Beberapa
sikap tubuh akan menunjukkan Anda gugup, misalnya seperti mengepalkan tangan.
Meskipun gerakan tersebut memberikan rasa aman bagi Anda, namun pewawancara
akan menilai Anda sedang mengasingkan diri dalam wawancara yang sedang
berlangsung. Hindari gerakan menyilangkan tangan ke dada. Gerakan ini dapat
memberi arti permusuhan atau kurangnya minat seseorang.
·
Kontak mata
Kontak
mata sangat penting. Jika Anda mengabaikannya, maka bisa merusak semuanya.
Melakukan kontak mata tidak selalu mudah. Sebisa mungkin, setiap Anda diberi
pertanyaan, upayakan menjawab dengan menatap mata pewawancara, tapi jangan
sampai Anda kehilangan konsentrasi.
·
Menarik napas
Gugup
dalam menjalani wawancara adalah hal yang biasa terjadi. Hal tersebut
menyebabkan tidak teraturnya pernapasan Anda. Ini menyebabkan kurangnya
kemampuan berpikir secara rasional untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dan
ringkas. Maka berlatihlah pernapasan dalam dengan perut bagian bawah. Dengan
melakukannya, kepercayaan diri Anda akan meningkat dan pikiran menjadi tenang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar