Senin, 29 Oktober 2012

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat


A.Pelapisan Sosial (Stratifikasi Sosial)

Pelapisan sosial merupakan pembeda  tinggi dan rendahnya kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompoknya, jika dibandingkan dengan posisi seseorang maupun kelompok lainnya. Tinggi dan rendahnya lapisan sosial tersebut disebabkan oleh bermacam-macam perbedaan, seperti kekayaan di bidang ekonomi, nilai-nilai sosial, serta kekuasaan dan wewenang,dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa pengertian tentang Pelapisan Sosial menurut beberapa ahli :
  • Menurut Pitirim A. Sorokin, pelapisan sosial adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atau hierarkis. Hal tersebut dapat kita ketahui adanya kelas-kelas tinggi dan kelas-kelasyang lebih rendah dalam masyarakat.
  • Menurut P.J. Bouman, pelapisan sosial adalah golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu.Oleh karena itu, mereka menuntut gengsi kemasyarakatan.


Dasar-dasar Pembentukan Pelapisan Sosial
  •      Ukuran kekayaan.
  •      Ukuran kekuasaan dan wewenang.
  •      Ukuran kehormatan.
  •      Ukuran ilmu pengetahuan. 


Jenis-Jenis Stratifikasi Sosial
1.     Stratifikasi Sosial Tertutup
Stratifikasi tertutup adalah stratifikasi di mana tiap-tiap anggota masyarakat tersebut tidak dapat pindah ke strata atau tingkatan sosial yang lebih tinggi atau lebih rendah.

2.     Stratifikasi Sosial Terbuka
Stratifikasi sosial terbuka adalah sistem stratifikasi di mana setiap anggota masyarakatnya dapat berpindah-pindah dari satu strata / tingkatan yang satu ke tingkatan yang lain.

Hal Yang Mendorong Pembentukan Pelapisan Sosial
  • Adanya kelompok berdasarkan jenis kelamin dan umur dalam pembedaan hak dan kewajiban.
  • Adanya kelompok-kelompok pemimpin suku yang berpengaruh dan memiliki hak istimewa.
  • Adanya pemimpin yang saling berpengaruh.
  • Adanya orang-orang yang dikecilkan diluar kasta dan orang yang diluar perlindungan hukum.
  • Adanya pembagian kerja dalam suku itu sendiri.
  • Adanya pembedaan standar ekonomi dalam ketidaksamaan ekonomi secara umum.


Terjadinya Pelapisan Sosial

Terjadinya Pelapisan Sosial terbagi menjadi 2, yaitu:

·        Terjadi dengan Sendirinya
Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya. Oleh karena itu sifat yang tanpa disengaja inilah yang membentuk lapisan dan dasar dari pada pelapisan itu bervariasi menurut tempat, waktu, dan kebudayaan masyarakat dimana sistem itu berlaku.

·        Terjadi dengan Sengaja
Sistem pelapisan ini dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama. Dalam sistem ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya kewenangan dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang.


B.Kesamaan Derajat

Kesamaan derajat adalah suatu sifat yang menghubungankan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik, maksudnya orang sebagai anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan Negara. Hak dan kewajiban sangat penting ditetapkan dalam perundang-undangan atau Konstitusi. Undang-undang itu berlaku bagi semua orang tanpa terkecuali,dalam arti semua orang memiliki kesamaan derajat sehingga tidak ada perbedaan yang menyebabkan adanya kelas atas dan kelas bawah. 


SUMBER :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar